-->
Home » , » Membuat Sirkulasi Udara Kamar Mandi Lebih Baik

Membuat Sirkulasi Udara Kamar Mandi Lebih Baik




Bagi sebagian orang, kamar mandi merupakan salah satu bagian rumah yang di jadikan perhatian khusus. Mereka menganggap kamar mandi adalah ruangan paling privasi dari seluruh bagian rumah. Maka tidak heran jika kamar mandi di buat senyaman mungkin dengan desain khusus.



Saat Mandi
Sebaik apapun desain sebuah kamar mandi jika tidak ada sirkulasi udara yang memadai, maka sia-sia saja karena tidak terjaganya kelembaban dalam ruangan. Apalagi jika pemilik sering menggunakan shower untuk mandi dengan air hangat.


Saat mandi dengan shower memang nyaman, tetapi kamar mandi akan penuh terisi uap dan menjadi tetesan air saat dingin. Akhirnya kamar mandi jadi lembab. Kelembaban yang berlebih disamping tidak baik untuk kesehatan juga menyebabkan masalah jamur di dinding kamar mandi. Kan sayang, sudah desainnya mahal begitu pun dengan harga peralatannya tetapi jadi kotor dan tidak sedap dipandang.

Perbandingan Penyebaran Bau

Kamar mandi bersih dan harum merupakan hal positif yang perlu ditekankan selain kebersihan seluruh bagian rumah. Tidak hanya diluar rumah, polusi udara juga terjadi didalam kamar mandi jika sirkulasi udara tidak berjalan seharusnya. Ada yang berinisiatif untuk menggunakan pengharum ruangan. Tapi apa jadinya jika bau yang tidak sedap bercampur dengan pengharum dan itu berlangsung agak lama. Hiiiii..



Perbandingan Kelembaban Setelah Mandi dengan Shower


Disini memang belum menguji didalam kamar mandi sesungguhnya. Namun gambar dibawah dapat dijadikan acuan dan perbandingan. Hasilnya beda-beda tipis dan bukan pilihan bagus untuk kamar mandi tanpa sirkulasi yang cukup.



Efek kelembaban Berlebih


Anda mungkin dengan pasti mengetahui atau di waktu sekolah dulu minimal pernah dengar cerita bahwa jamur tumbuhnya tidak ditempat yang bersih dan kering. Pertumbuhan jamur akan sangat baik jika berada dalam area lembab. Jamur yang sifatnya parasit sangat mempengaruhi tempat tinggalnya. Tidak hanya sebuah pohon, bahkan tembok pun bisa dibuat tidak berdaya oleh jamur. Pada akhirnya ketahanan rumah menjadi terpengaruh.


Nah bapak-bapak, ibu-ibu dan adik-adik sekalian saatnya solusi tentang penjabaran sebab dan akibat yang disebabkan oleh sirkulasi udara yang tidak baik dalam kamar mandi diatas.
  1. Jika Anda sedang akan membuat rumah atau hanya mau menambah kamar mandi, letakkan kamar mandi pada bagian sisi dari sebuah rumah. Jangan ditengah-tengah ruangan dan sisi luar tidak terhalang penuh. Dengan menempatkan disisi bagian rumah, maka akan sangat mudah untuk menambahkan ventilasi (baik jendela kecil atau ventilating fan).
  2. Jika Anda sudah memiliki kamar mandi yang berada ditengah-tengah ruangan, pakailah ventilating fan yang diletakkan dibagaian plafon. Jangan membuat ventilasi udara, karena akan mengganggu ruangan lain.
  3. Jika Anda sudah memiliki kamar mandi yang berada disisi bagian rumah, maka sangat mudah membuat jendela kecil atau dengan menggunakan ventilating fan.
  4. Jika Anda cukup mampu maka belilah ventilating fan. Ventilating Fan akan sangat baik digunakan karena dapat membuat sirkulasi udara terjadi lebih cepat dan dapat menjaga kelembaban pada level terendah dengan efektif. Pastinya akan membuat kamar mandi Anda tetap kering dan jauh dari jamur.

0 comment:

Posting Komentar

Back To Top